Nyobain Rabokki di Kawasan Jebres, Belakang UNS

Assalamualaikum.. halo semuanya, kali ini aku mau berbagi tentang salah satu jajanan khas Korea yang ada di belakang UNS.

Memasuki musim hujan, pastinya kita bakal nyari yang anget-anget ya.. Nah, banyak nih yang bisa kita makan sembari nunggu hujan reda atau sekadar menghangatkan tubuh. Mulai dari bakso, mie dogdog, sup, dan sebagainya.

Kalau aku kemarin tergerak buat nyicipin Korea Street Food di Jalan Kartika, Jebres, Solo. Tepatnya di deket Mr. Mesem. Sebenernya di sini tuh ada banyak jajanan enak-enak dan murah, tetapi karena aku suka banget nyobain hal-hal baru, jadi penasaran sama salah satu makanan yang namanya Rabokki. 

Rabokki adalah perpaduan antara Ramyeon dan Tteokbokki. Buat kamu pecinta Korea, pasti tahu kan makanan-makanan ini? Yes, Ramyeon itu mie instan dengan bumbu gurih, persis sih dengan mie kuahnya Indonesia. Sementara, tteokbokki adalah kue beras dengan cita rasa pedas. 

Kenapa aku akhirnya memilih Rabokki? Karena aku memang belum pernah makan jajanan yang satu ini. Toh harganya cuma selisih dua ribu dengan Tteokbooki dan Ramyeon, jadi kupikir nggak ada salahnya beli. 

Selain itu, aku melihat kalau tempat ini sedang sepi, jadi aku rasa bakal cepet- cepet bisa makan, tapi ternyata harus menunggu sekitar 15-an menit gitu. Tahu nggak? Ternyata tempatnya nggak pernah sepi. Kebanyakan memang suka pesan dan penjualnya bakal nganterin (kalo deket ya, kalo jauh ya kamu beli sendiri). Terus waktu makanku udah habis, baru deh pembeli pada berdatangan makan di tempat. Oh, mungkin karena aku datengnya agak siangan kali ya.. harusnya kan sore. Ya gimana, namanya juga laper buk.. haha.

Rabokki - Dokumen pribadi
Begitulah tampilan Rabokki yang aku beli kemarin. Kuahnya bewarna merah pekat dan kental banget. Waktu dihidangin, Korean smell-nya langsung tercium. Duh, kok beda sama yang aku bikin di rumah ya..yaiyalah, orang bahannya juga nggak lengkap ∵

Tampilannya sih oke banget! Dari atas ada satu telur ayam yang dibelah jadi dua, kemudian ada daun bawang yang ditaburi wijen, dan tteokbokki-nya. 

Tampilan waktu mulai dimakan - Dokumen pribadi

Yaaaaaa, itu dalemnya Rabokki sewaktu akan dimakan. Dalemnya ada mie ramen (tepatnya mie ayam, karena si penjualnya ini memang menggunakan mie kering ayam). Btw, aku acungi jempol deh soalnya mie nya dimasak dengan bener. Nggak keras dan nggak terlalu lembek. Kadang kan ada ya penjual yang sembarangan banget jual mie. Hanya karena nggak mau pembeli menunggu lama, eh masak mie nya nggak bener. Keras dan masih alot dimakan.

Oke, nggak cuma mie aja, ada kubis juga sebagai penyeimbang sayurnya. Sebenernya sih, si penjual nggak bener-bener menggunakan tteokbokki alias kue beras, tetapi menggantinya dengan otak-otak ikan. Dari segi rasa, menurutku memang lebih enak otak-otak ikan, cocok aja gitu. Bedanya kalau sama tteokbokki, otak-otak lebih gurih, ada asin, dan sementara tteokbokki cenderung hambar. But, overall mantap banget di lidah!

Kemarin aku pesen pedes karena sebenernya pembeli bisa request mau pedes atau sedengan-an, yeah summer-summer gitu alias pedes tapi nggak pake banget. Itu pun waktu dimakan masih aku tambahin 2 sendok makan bubuk cabe lagi dan hasilnya? Puedesssss sampai beberapa kali berhenti sejenak baru lanjut makan lagi. Panas ditambah pedes.. Ya kamu bayangin deh!

Rabokki-nya sudah habis, tersisa wijen dan kuahnya - Dokumen Pribadi

Taraa.. aku sudah menghabiskannya! Dari segi rasa, rabokki ini memang sama dengan rasa tteokbokki. Ada unsur manis, asin dikit, pedas, dan memang nendang banget di mulut. Good Job buat Mbake 🤣 Cobain deh waktu kamu nyomotin satu per satu otak-otak ikannya dan mie yang berlumurkan cabai. Udah gitu, suasana yang sedang mendung dan dingin membuat makanan ini cocok untuk disantap.





Selain rabokki,di sini jual pula ramyeon dan Tteokbokki. Dua-duanya cuma dibandrol Rp10.000,00 dan khusus Rabokki Rp12.000,00. Letaknya memang kurang strategis sih menurutku karena berdempetan dengan Freshmilt dan konter pulsa gitu. But, dengan papan bertuliskan Korea Street Food, kamu pasti mudah kok kalau mau nyari kedai yang satu ini. Udah gitu, gratis parkir juga hehe. Kamu juga nggak perlu khawatir soal status makanannya, karena semua bahan makanan dan bumbu yang digunakan halal. 
Dokumen pribadi


Nama makanan : Rabokki
Alamat : Jalan Kartika, Jebres, Surakarta (kalau dari gerbang belakang UNS, kedai ini tepat sebelum Mr. Mesem atau sebelum mini market Asgross dan berdekatan dengan SD). 
Total pengeluaram : Rabokki + es teh = Rp 14.000,00
Status : halal 

Segitu aja ulasan dari aku, tunggu kuliner selanjutnya ya.. ☺

Comments